tugas akhir TIK

TIK yang berakhir tugas

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang saling terhubung dan manfaatnya adalah sebagai berikut:


1.Membagi sumber daya

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan program-program.Dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya tersebut dapat dikurangi.


2.Reliabilitas tinggi

Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mangopikan data-data kedua atau ketiga komputer, bahkan lebih. Dengan demikian apabila salah satu komputer rusak dan data-data yang disimpan di dalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang disimpan dikomputer lain. Hal ini akan menguntungkan karena kita tidak terhambat, meskipun ada komputer yang rusak ataupun data-datanya hilang.


3.Menghemat uang

Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalkan printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.


4.Sarana Komunikasi

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.




Berbagai Jenis Jaringan


1.Local Area Network (LAN)


Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung/perkantoran. Umumnya, LAN dimiliki oleh perusahaan/organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung/kantor tersebut. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut.

LAN memungkinkan suatu perusahaan/pabrik dapat menggunakan sumber daya (misalnya printer) secara bersama-sama. Selain itu, LAN juga memungkinkan komputer-komputer dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi.Komputer yang terhubung dalam satu LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter.


2.Metropolitan Area Network (MAN)


Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya,MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya saja, kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibuat untuk berbagi data anatar satu instansi dengan instasi lain. Misalnya saja, kantor Dinas Pajak dapat berbagi data dengan kantor Dinas Pertahanan. MAN dapat dimanfaatkan oleh pemerintah maupun swasta.


3.Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAn dapat saja mencakup sebuah negara atau benua. WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia. WAN juga digunakan oleh negar-negara yang telah maju untuk menhubungkan database dari satu daerah dengan daerah lain dan antarinstansi dan lembaga-lembaga yang ada.


4.Internet

Internet juga merupakan sebuah jaringan komputer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet.



Perangkat Jaringan Komputer


1.Server

Komputer server umunya mempunyai sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat di komputer server biasanya berisi data-data yang digunakan bersama-sama oleh komputer-komputer client. Pada jaringan yang besar, server database dibuat terpisah.

Jika jaringan dihubungkan ke internet, komputer server juga berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet.


2.Client

Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.


3.Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client). Pada saat ini, beberapa motherboard sudah dilengkapi dengan LAN Card, sehingga kita tidak perlu lagi membelinya secara terpisah.Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data-data.


4.Hub

Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal. Hub juga memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client. Hub juga memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.


5.Kabel & konektor

Kabel & konektor adlah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan 1 komputer dengan komputer yang lain. Kadang-kadang bila diperlukan, di antara 2 komputer yang dihubungkan dengan kabel ditempatkan hub. Kabel umum digunakan di jaringan adalah kabel UTP.


6.Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sehingga kekuatan sinyal sam dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan repeater maka jarak antarkomputer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.


7.Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain. Dengan menggunakan bridge maka sebuah jarinagn yang lebih besar, yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan, dapat diperoleh.


8.Router

Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari stu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya roeter maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain. Denagn demikian, arus data dari satu LAN tidak bercampur-baur dengan arus data dari LAN yang lain. Ada 2 jenis roeter yang biasa digunakan, router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dan router PC . Router PC adalah komputer PC yang dibuat menjadi router.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Blog ini menjerat riwayat seorang siswa, Chaerul Nurhuda selama mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas 9 tepatnya 9h. Blog ini hanya sekedar tugas, yang akan dinilai oleh gurunya, tapi dengan banyaknya ilmu yang ada pada blog ini diharapkan para pembaca dapat terbantu dan mengenal beberapa hal tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
dunia tak mengenalku,dan aku harap dunia tak mengenalku dan aku mengenal duniaku

My Followers