tugas akhir TIK

TIK yang berakhir tugas

E-commerse

E-commerse (electronic commerse) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memenfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet. Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahaan maupun kepada konsumen. perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas misalnya perusahaan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.

1.Keuntungan perdagangan bagi produsen

  • Karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat dikurangi maka harga jual barang dapat dikurangi.
  • Barang yang dijual dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

2.Keuntungan perdagangan di internet bagi konsumen

  • Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Konsumen cukup memesan barang dan pihak perusahaan akan mengantarkan barang yang dipesan
  • Konsumen dapat menghemat biaya dan waktu
  • Konsumen lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet
  • Konsumen dapt membeli barang yang terdapat di negara lain yang kemunkinan barang tersebut belum ada di negaranya
  • Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah

Internet Banking

Internet Banking sering dikenal sebagai electronic banking (e-banking), cyber banking, virtual banking, home banking, dan online banking. Internet Banking adalah aktifitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat0tempat denagn memanfaatkan internet.


^ website internet banking




Belajar Jarak Jauh

Karena karakteristiknya internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jatak jauh.Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif.Hasil yang diperoleh menjadi lebih baik.

Ada beberapa faktoryang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebgai media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain:


1.Institusi Penyelenggara

Institusi penyelenggara harus memiliki komitmen yang kuat.Hal ini ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang mendukung.Institusi juga harus menyediakan dana yang cukup demi terselenggaranya pendidikan jarak jauh dengan memenfaatkan internet.


2.Pengajar

Para pengajar perlu dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang cukup akan sistem yang digunakan. denag demikian, para pengajar dapat mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif.


3.Siswa

Siswa harus dilengkapi dngan kemampuan untuk menggunakan internet. Dengan demikian, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.


4.Teknologi

Teknologi yang ada saat ini memungkinkan untuk dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup memadai.Pemanfaatan teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses belajar jarak jauhdapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.




Keamanan Data dalam Transaksi di Internet

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan layanan transaksi di internet, seperti perdagangan online dan internet banking.Pihak penyedia layanan harus menjamin keamana para pengguna layanan mereka.Dalam hal ini, toko online/bank harus menyediakan teknologi keamanan data yang sesuai standar, sehingga data-data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang yidak bertanggung jawab.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking adalah sebagai berikut

  • kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank,termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data sehingga data kita tidak jatuh ke tangan orang lain.
  • setelah selesai menggunakan layanan toko online/internet banking, kita harus memastikan telah log out sebelum menutu browser
  • kita tidak boleh meninggalkan komputer jika kita sedang log in di internet banking
  • komputer harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date untuk mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam&mencuri data-data kita
  • gunakan komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online&internet banking.kita tidak boleh menggunakan komputer yang biasa diakses orang lain,seperti warnet
  • kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID dan password milik kita

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Blog ini menjerat riwayat seorang siswa, Chaerul Nurhuda selama mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas 9 tepatnya 9h. Blog ini hanya sekedar tugas, yang akan dinilai oleh gurunya, tapi dengan banyaknya ilmu yang ada pada blog ini diharapkan para pembaca dapat terbantu dan mengenal beberapa hal tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
dunia tak mengenalku,dan aku harap dunia tak mengenalku dan aku mengenal duniaku

My Followers